01 October 2010

AK-47

AK-47 adalah salah satu senapan serbu yang terkenal di dunia. Konon kabarnya senapan ini telah diproduksi sebanyak 100 jt unit dan digunakan di berbagai belahan dunia baik oleh pasukan tentara maupun oleh para pemberontak di dunia. AK singkatan dari Avtomat Kalashnikov, kurang lebih maksudnya adalah senapan Kalashnikov otomatis. Kalashnikov sendiri diambil dari nama Mikhail Kalashnikov perancang pertama senapan ini. Adapun angka 47 adalah tahun pertama diluncurkannya senapan ini.

Ini adalah senjata yang benar-benar legendaris , yang dikenal dengan, kesederhanaan operasi dan pemeliharaan, dan kehandalan yang tak tertandingi bahkan dalam kondisi terburuk. Ini tidak hanya digunakan sebagai senjata militer, tetapi juga sebagai platform untuk berbagai olahraga senapan dan senapan sipil. AK adalah campuran dari fitur dan solusi yang sebelumnya dikenal, dikombinasikan dalam cara yang paling efektif. Efektivitas, bagaimanapun, tergantung pada kriteria yang digunakan untuk mengukurnya, dan kriteria kunci untuk setiap senjata militer Soviet dan Rusia adalah: Keandalan, Kesederhanaan operasi dan pemeliharaan, Kecocokan untuk produksi massal. Tidak pernah ada permintaan yang signifikan untuk ergonomi yang baik atau akurasi yang luar biasa.
AK-47 model pertama mulai diproduksi tahun 1949




 Data teknis AK-47:
Kaliber                                              : 7.62x39 mm 
Aksi                                                  : Gas operated, rotating bolt with 2 lugs
Panjang Keseluruhan                         : 870 mm 
Panjang Laras                                   : 415 mm 
Berat, dengan magasin kosong          : AK 4,3 kg; AKM 3,14 kg 
Kapasitas magasin                             : 30 butir  
Tingkat kecepatan tembakan             : 600 peluru per menit


AK-47 dan variannya digunakan di berbagai belahan dunia dan telah diakui kualitasnya terutama kualitas keandalan / reliabilitasnya. Yang dimaksud dengan keandalan adalah dimanapun perangnya, AK-47 akan selalu bisa digunakan tanpa ada masalah. Mau di gurun, hutan tropis, medan eropa, kutub, dimanapun AK-47 akan berfungsi dengan baik. Ini berbeda dengan M-16 yang ternyata kurang andal, karena ketika berperang di medan hutan tropis di Vietnam banyak mengalami macet. 
Akan tetapi AK-47 memiliki kelemahan yaitu masalah akurasi. Berbeda dengan M-16 yang terkenal sangat akurat. 
Sebuah gurauan pernah dilontarkan oleh orang yang pengalaman dengan senjata. Bunyinya:
"Kalau ada musuh keluar dari lumpur dan bawa AK-47 hati-hatilah sebab AK-47 bisa menyalak. Tetapi kalo musuh yang keluar dari lumpur itu bawa M-16, tenang saja hanya mukjizat yang dapat membuat M-16 itu menyalak."
"Kalau ada musuh nengteng M-16 dari jarang 300 M, hati-hati, kalo dia bidik pasti kena. Tetapi kalo ada musuh nengteng AK-74 bidik dari 300 M tenang aja hanya keberuntungan yang akan membawa peluru itu nembus tubuh kita. "


AK-47 dengan peredam

AK-47 dengan bayonet

AKM dengan folding buttstock (popor yg dapat dilipat)
 AKM adalah versi AK-47 yang lebih modern dari versi awal AK-47.
AKM dengan peluncur granat