10 April 2011

M1 Garand


M1 Garand adalah senapan semi-automatis (satu kali tekan picu satu kali tembakan) yang banyak digunakan pada perang dunia ke -2. Senapan ini dirancang oleh seorang perancang senjata berkebangsaan Kanada yang menjadi warga negara Amerika Serikat, yaitu John Cantius Garand. Senapan ini diproduksi secara masal oleh perusahaan Springfield tempat dimana John Garand bekerja.
Senapan ini diproduksi antara tahun 1937-1957. Digunakan selama perang dunia ke-2 terutama oleh pasukan AS, dan menjadikannya senapan legenda perang dunia ke-2. Selain perang dunia ke-2, senapan ini juga digunakan pada perang-perang lainnya, seperti perang Korea, perang Arab-Israel, perang Indochina, krisis Sues, perang Vietnam, perang Kamboja, dan lainnya.
Ketenaran senapan ini dapat dilihat dari jumlah negara yang menggunakannya. Tidak kurang dari 27 negara membeli senapan ini dengan total jumlah senapan yang diproduksi kurang lebih berjumlah 6 juta pucuk. Salah satunya adalah Indonesia, yang membeli kurang lebih 50000-70000 pucuk, baik yang dibeli langsung dari Amerika maupun yang dibeli dari Italia (Italia mendapat lisensi untuk membuat senapan Garand ini).

Spesifikasi:
Kaliber: 7.62x63 mm
Aksi: Gas operated, rotating bolt
Panjang keseluruhan: 1103 mm
Panjang laras: 610 mm
Berat: 4,32 kg

Gambar rancangan detail M1-Garand

Senapan M1-Garand standar

Senapan M1-Garand Sniper